Kamis, 12 April 2018

Berita sepak bola

SEPAK BOLA


 

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia Secara Singkat dan Lengkap!

          SEJARAH SEPAK BOLA – Permainan sepak bola adalah salah satu dari bermacam cabang olahraga cabang olahraga yang populer di dunia. Permainan ini menggunakan bola (umumnya berbahan kulit) dan dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing dari tim terdiri  dari 11 orang pemain inti, dan beberapa orang yang bertugas sebagai pemain cadangan.
Pada awal abad ke-21, permainan sepak bola sudah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang dari 200 negara di seluruh dunia. Hal ini lah yang akhirnya mennjadikan permainan sepak bola sebagai cabang olahraga terpopuler di dunia sampai saat ini.
Dalam permainan sepak bola, setiap tim bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke gawang lawan.
Permainan sepak bola bisa dimainkan di lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput sintetis, maupun rumput asli.
Pada umumnya, yang berhak untuk menyentuh bola dengan lengan atau tangan hanyalah seorang kiper atau penjaga gawang. Ini pun hanya bisa dilakukan jika bola sedang berada di daerah gawangnya.
Sedangkan 10 orang pemain lainnya, diperbolehkan untuk menggunakan semua anggota badannya, kecuali tangan. Biasanya dengan kepala untuk menyundul bola, dada untuk mengontrol bola, dan tentunya kaki untuk menendang bola.
Tim yang berhasil menciptakan gol terbanyak di akhir pertandingan, menjadi pemenangnya. Tapi, kalau waktu permainan berakhir dengan hasil skor sama, maka bisa dilakukan undian, memperpanjang waktu, atau adu penalti. Tergantung format dari penyelenggaraan kejuaraan.
Dalam pertandingan resmi, tim pemenang diberikan 3 poin, dan tim yang kalah mendapatkan 0 poin. Kalau kedua tim bermain imbang, maka masing-masing tim mendapatkan 1 poin.
Walaupun begitu, pemenang dalam suatu pertandingan sepak bola bisa dibatalkan sewaktu-waktu kalau terjadi skandal atau  tindakan kriminal yang di kemudian hari terbukti.
Apabila dalam suatu laga sepak bola salah satu tim sengaja untuk mengundurkan diri dari suatu pertandingan, atau yang disebut dengan walk out, maka tim lawannya dapat memenangkan pertandingan secara otomatis dengan poin 3-0.
Secara umum, peraturan pertandingan diperbaharui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menjadi penyelenggara Piala Dunia di setiap 4 tahun sekali.
Dalam artikel ini, saya akan menceritakan tentang sejarah permainan sepak bola, mulai dari diciptakan sampai menjadi permainan favorit di Indonesia.
Di sini, saya akan menuliskannya dalam 2 versi, yaitu sejarah sepak bola secara singkat, dan sejarah sepak bola lengkap yang akan dirincikan dengan detail.
Sejarah singkat sepak bola mungkin bisa membantu kamu untuk mengetahui garis besar dari sejarah persepakbolaan namun malas untuk membaca terlalu banyak. Sedangkan sejarah sepak bola secara lengkap akan berguna kalau kamu ingin mengetahui sejarah permainan sepak bola secara mendetail.
Baiklah, mari langsung saja kita masuk ke materi sepak bola yang sudah kamu tunggu-tunggu mengenai  sejarah sepak bola dunia dan Indonesia secara singkat dan lengkap.
                Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia.[1][2][3][4] Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.
Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya diizinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, bergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan. Dari sebuah pertandingan resmi, 3 poin diberikan kepada tim pemenang, 0 poin untuk tim yang kalah dan masing-masing 1 poin untuk dua tim yang bermain imbang.[5] Meskipun demikian, pemenang sebuah pertandingan sepak bola dapat dibatalkan sewaktu-waktu atas skandal dan tindakan kriminal yang terbukti di kemudian hari. Sebuah laga sepak bola dapat dimenangkan secara otomatis oleh sebuah tim dengan 3-0 apabila tim lawan sengaja mengundurkan diri dari pertandingan (Walk Out).
Peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali.[6]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar